Jumat, 04 Mei 2012

MANFAAT MINUM AIR PUTIH


Tahukah Anda bahwa sebagian besar tubuh kita diisi oleh cairan? Ya, 90 persen cairan terdapat dalam tubuh kita menandakan bahwa manusia tak bisa lepas (kekurangan) cairan. Sebagian orang mungkin bisa bertahan tanpa makan dalam beberapa hari, tapi tidak bagi cairan. Saking pentingnya cairan bagi manusia, maka tubuh harus selalu dipenuhi kebutuhan akan cairannya.
Salah satu cairan yang penting bagi tubuh adalah air putih. Meskipun hanya sekedar minum air putih, tapi manfaat yang dibawa dari mengkonsumsi air putih secara cukup ternyata banyak juga loh. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi air putih yang dikutip dari berbagai sumber :
Menurunkan berat badan
Minum air mengurangi kelaparan, hal ini adalah cara efektif  untuk mengurangi nafsu makan sehingga Anda akan makan lebih sedikit. Ditambah air tidak mempunyai  kandungan kalori.
Obat alami untuk sakit kepala
Membantu meredakan sakit kepala dan rasa sakit yang kembali karena dehidrasi. Meskipun banyak penyebab sakit kepala, dehidrasi adalah akibat yang umum timbulnya sakit kepala.
Kulit terlihat sehat
Anda akan terlihat lebih muda saat kulit Anda terhidrasi. Air membantu untuk mengisi jaringan kulit, melembabkan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.
Produktivitas yang lebih baik di tempat kerja
Otak Anda sebagian besar terdiri dari air, sehingga minum air membantu Anda berpikir lebih baik, lebih waspada dan lebih terkonsentrasi.
Berolahraga dengan kondisi lebih baik
Minum air mengatur suhu tubuh anda. Itu berarti Anda akan merasa lebih energik ketika melakukan olahraga.
Membantu pencernaan dan sembelit
Minum air meningkatkan metabolisme karena membantu dalam pencernaan. Serat dan air berjalan bersamaan sehingga usus Anda  bergerak dengan baik.
Berkurangnya rasa kram  dan terkilir
Hidrasi yang tepat membantu menjaga sendi dan otot untuk dilumasi, sehingga Anda cenderung tidak mudah terkena kram dan keseleo .
Berkurangnya resiko terkena penyakit
Minum banyak air membantu melawan flu dan penyakit lain seperti batu ginjal dan serangan jantung. Air dicampur lemon sangat baik digunakan untuk penyakit seperti pernapasan, masalah usus, radang sendi dan lain-lain. Dengan kata lain salah satu manfaat air minum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
Meredakan kelelahan
Air digunakan oleh tubuh untuk membantu membersihkan racun dan membuang kotoran dari tubuh. Jika tubuh Anda kekurangan air, jantung Anda, misalnya, perlu bekerja lebih keras untuk memompa keluar darah ke semua sel, begitu juga sisa organ vital, organ-organ Anda akan habis dan begitu juga Anda.
Suasana hati menjadi baik
Tubuh Anda terasa sangat baik dan itulah mengapa Anda merasa bahagia.
Mengurangi Risiko Kanker:
Terkait dengan sistem pencernaan, beberapa studi menunjukkan bahwa minum jumlah air yang sehat dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih dan kanker usus besar. Air meleburkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urin dan memperpendek waktu virus di dalam kontak dengan lapisan kandung kemih.




Setiap hari Anda akan kehilangan cairan tubuh melalui keringat, menghembuskan napas, buang air kecil dan buang air besar. Agar tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik, Anda harus mengganti air dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung air. Jadi berapa banyak air, atau lebih tepatnya cairan yang Anda butuhkan?
Ini bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Asupan cairan harian orang dewasa yang sehat sangat bervariasi. Kebanyakan orang minum cairan untuk memuaskan dahaga dan untuk memasok kebutuhan air.Setidaknya tiga pendekatan estimasi asupan total air untuk orang dewasa yang tinggal di daerah beriklim sedang.
Penggantian pendekatan dengan makanan
Output urin rata-rata untuk orang dewasa adalah 1,5 liter sehari. Anda akan kehilangan 1 liter air dalam tubuh untuk pernapasan, keringat dan buang air besar. Makanan biasanya menyumbangkan 20 persen dari asupan cairan Anda, sehingga jika Anda mengkonsumsi 2 liter air atau minuman lainnya dalam sehari (kurang lebih 8 gelas), Anda dapat mengganti cairan yang hilang.
Delapan gelas air sehari
Pendekatan lain untuk asupan air adalah “8 x 8 aturan” – minum delapan 8 gelas air sehari (sekitar 1,9 liter). Aturan juga bisa dinyatakan, “minumlah delapan 8 gelas cairan sehari,” karena semua cairan dihitung terhadap total harian. Meskipun pendekatan ini tidak didukung oleh bukti ilmiah, banyak orang menggunakan aturan dasar sebagai pedoman berapa banyak air dan cairan lainnya untuk diminum.
Diet yang direkomendasikan
Institute of Medicine merekomendasikan bahwa pria mengkonsumsi 3 liter (13 gelas) dari jumlah minuman sehari dan perempuan mengkonsumsi 2,2 liter (sekitar 9 gelas) dari jumlah minuman sehari. Pedoman ini didasarkan pada survei pangan nasional yang dinilai rata-rata in take cairan masyarakat.
Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sudah menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi asupan air yang cukup dalam sehari?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar